Wednesday, February 11, 2015

Hal-Hal yang bisa dibanggkan dari Indonesia

Oiiiiiiiiiiiiiiiiiii semuanya, admin kece balik lagi nih, kali ini ane mau share tentang negara kita tercinta negara Indonesia, tujuan ane ngeshare artikel ini adalah agar para pembaca blog ini makin cinta sama negara Indonesia, dan memunculkan sifat Nasionalisme, oke disimak aja gan.
sumberknowledge.blogspot.com

 1. Indonesia merupakan negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia yang jumlahnya hingga 17.504 pulau termasuk yang belum diberi nama dan yang tidak berpenghuni. dan juga indonesia memiliki 3 dari 6 pulau terbesar di dunia, yaitu: Kalimantan (Ke-3 di dunia dengan luas 539.460km2), lalu Sumatera (luas= 473.606km2) dan yang terakhir Papua (421.981km2).

 2. Indonesia termasuk negara dengan Laut yang sangat luas, bisa dilihat oleh agan-agan di gambar diatas, luasnya mencapai 93ribu km2 dan juga memiliki panjang sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai dunia.

 3. Pulau jawa termasuk pulau terpadat di dunia, karena sekitar 60% warga indonesia tinggal di pulau ini yang luasnya hanya 7% dari total wilayah RI. terutama di Jakarta gan.

 4. Indonesia adalah negara dengan bahasa daerah terbanyak didunia yaitu dengan 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan oleh suku suku bangsa di indonesia dengan bahasa nasionalnya adalah Bahasa Indonesia, bahasa jawa adalah bahasa daerah yang terbanyak digunakan.

5.Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.

6.Indonesia adalah Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tgl 7 Januari 1965 karena ada permasalahan dengan malaysia, RI bergabung kembali ke dalam PBB pada tahun 1966.
sumberknowledge.blogspot.com

7.Monumen Budha (candi) terbesar di dunia,Terletak di Mangelang, Jawa tengah, Candi Borobudur memiliki tinggi 42 meter dan panjang relief lebih dari 1km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).

8.Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia yaitu Pithecanthropus Erectus yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu alias antik wkwkwkkwkwk.

9.Indonesia adalah negara yang terbanyak merebut lambing supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, sebanyak 13x.

10.Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia sekitar 20% suplai seluruh dunia dan juga produsen timah terbesar ke 2. Yeeeee terimakasih Pertamina wkwkwkkw.

11.Indonesia menempati peringkat #1 dalam pertaian khusunya cengkeh dan pala dan juga posisi ke #2 dalam karet alam dan minyak sawit mentah.

12.Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis di dunia dengan total sekitar 80% dipasar dunia.
sumberknowledge.blogspot.com

13.Indonesia adalah negara dengan kekayaan terumbu karang terbanyak di dunia yaitu sekitar 18% dari total di dunia.

14.Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak di dunia. (karena laut indonesia luas dan diapit 2 samudera).

15. Indonesia merupakan negara dengan jenis anggrek terbanyak didunia  dengan 6 ribu jenis aggrek, mulai dari yang terbesar seperti Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum sampai ke yang terkecil seperti Taeniophyllum dan juga termasuk Anggrek Hitam yang hanya ada di Pulau Papua.

16.Indonesia adalah negara dengan hutan bakau terbesar di dunia, yang seperti kita tahu fungsinya untuk mencegah pengikisan tanah oleh air laut atau disebut juga abrasi.

17.Indonesia merupakan negara yang memiliki binatang purba yang masih hidup yaitu Komodo yang ada di Pulau Komoda, Nusa Tenggara Timur, Komodo adalah kadal terbesar di dunia yang panjangnya bisa mencapai 3 M dan berat 90kg.

18.Indonesia memiliki bunga terbesar di dunia yaitu Rafflesia Arnoldi yang ada di Pulau Sumatera dan Kalimantan yang diameternya bisa mencapai 1 meter.
sumberknowledge.blogspot.com

19.Indonesia adalah salah satu negara yang masuk dalam cincin api pasifik yang mencakup sekitar 75% dari gunung berapi di dunia

20.Pada tahun 1815, ketika Gunung Tambora yang terletak di Pulau Sumbawa meletus, letusan itu tercatat sebagai letusan paling kuat dalam sejarah. Sampai-sampai letusannya mempengaruhi iklim di seluruh dunia dan dikenal dengan tahun tanpa musim panas.

21.Pada tahun 1883, ketika Gunung Krakatau meletus, letusannya menghancurkan Pulau Krakataunya sendiri dan memakan korban lebih dari 30ribu akibat gelombang pasang yang dihasilkan letusan Gunung Krakatau.

22.Indonesia Memiliki primata terkecil di dunia yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau Tarsier Gunung yang panjangnya berkisar 10cm dan mirip monyet yang hidupnya di atas pohon di pulau sulawesi.

23.Tempat ditemukannya ular terpanjang yaitu Python Reticulates yang panjangnya 10 meter di Sulawesi.
sumberknowledge.blogspot.com

24.Tentara Nasional Indonesia Khususnya Kopassus, merupakan salah satu pasukan elite terbaik di dunia menempati posisi Ke-3

25.Indonesia juga merupakan negara dengan populasi penduduk muslim terbanyak di dunia dengan 88% dari total penduduk Indonesia.

26.Indonesia juga merupakan negara yang memiliki masakan daerah yang cukup banyak, misalnya aja kaya rendang,nasi goreng,dll.

Sekian dari admin chandra, moga yang baca jadi lebih cinta sama negara kita tercinta, wassalam

0 comments:

Post a Comment